Sejarah Pendirian

Program Studi Magister Pendidikan Fisika Universitas Riau (Prodi S2 Pendidikan Fisika Unri) adalah salah satu program studi magister yang berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Program studi ini berdiri pada tanggal 29 Agustus 2016 oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan nomor surat 289/KPT/1/2016.

Program Studi Magister Pendidikan Fisika melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan Fisika serta melaksanakan penelitian yang berhubungan dengan Pendidikan Fisika. Program Studi Magistar Pendidikan Fisika merupakan satu-satunya  prodi magistr pendidikan fisika yang ada di propinsi Riau.

Pendirian program studi magister pendidikan fisika ini adalah atas dasar keinginan untuk menghasilkan tenaga pendidik fisika yang professional dan kompetitif, menghasilkan penelitian yang berkualitas dalam bidang profesi pendidikan fisika dan dapat mengintegrasikan hasil penelitian tersebut kedalam pembelajaran fisika. Selain itu juga dapat menghasilkan teknologi pembelajaran fisika, baik berupa strategi pembelajaran inovatif maupun media pembelajaran analog dan berbasis ICT yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat dalam peningkatan mutu  pembelajaran fisika.

Program studi magister ini sangat diperlukan keberadaannya di propinsi Riau. Ini adalah karena sekolah-sekolah yang berada di propinsi Riau baik sekolah negeri maupun swasta masih banyak kekurangan guru fisika yang berkompetensi bidang pendidikan fisika. Seiring dengan itu program studi magister pendidikan fisika mempunyai visi, misi, tujuan dan sasaran program studi yang disusun dengan mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran Universitas Riau dan visi, misi, tujuan dan sasaran FKIP Universitas Riau, yang disusun dengan melibatkan proses diskusi bersama seluruh dosen program studi magister pendidikan fisika. Penyusunan visi misi tersebut berdasarkan pada visi misi Universitas Riau.