Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM),

 

Untuk tahun 2017, Kegiatan PKM yang bertemakan teknik dan publikasi penulisan artikel ilmiah berjalan  dengan  baik dan  lancar. Pertemuan tatap  muka  dengan  metode  ceramah  dan  demonstrasi,  dilanjutkan  latihan/praktek untuk membuat artikel ilmiah, mulai dari pemilihan materi, penyusunan, pemilihan huruf, pemberian data penunjang dan tampilan. Kegiatan PKM ini dilakukan di dua tempat, SMA 2 Negeri Bangkinang dan di SMP Negeri 1 Suram. Untuk yang di SMA 2 Negeri Bangkinang, Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Jumat dan Sabtu (20-21 October 2017). Peserta kegiatan berjumlah 34 orang guru-guru  SMA N 2 Bangkinang.

 

Pelaksanan  kegiatan  PKM  ini  dilakukan  oleh  3  (tiga)  orang  tim  pengabdi dengan pokok bahasan yang disampaikan mengenai:

  1. Tren penelitian Guru SMA
  2. Metode Penulisan Artikel
  3. Strategi Publikasi Artikel

 

Keterbatasan    waktu    pertemuan    mengakibatkan    tidak    semua    materi    dapat disampaikan dengan detil. Kegiatan yang diawali dengan ceramah dan demonstrasi ini kemudian dilanjutkan   latihan.   Dari  kegiatan   latihan   tampak   bahwa   sebagian besar peserta  memang   belum menguasai  cara penulisan artikel ilmiah dengan baik.

 

Program  workshop penulisan artikel ilmiah ini dapat  diselenggarakan   dengan  baik  dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun meskipun  belum  semua  peserta  pendampingan   menguasai  dengan  baik materi  yang  disampaikan.   Kegiatan  ini  mendapat  sambutan  sangat  baik terbukti dengan keaktifan peserta mengikuti pendampingan dengan tidak meninggalkan tempat sebelum waktu pelatihan berakhir.

Pengabdian 2

Pengabdian 1   Pengabdian 3